Ini Dia Cara Liburan bareng Anak yang Murah dan Menyenangkan

Ini Dia Cara Liburan bareng Anak yang Murah dan Menyenangkan

Baca Juga

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu siswa adalah liburan. Terbayang, kan bagaimana senangnya anak-anak itu dapat beberapa hari yang bisa mengalihkan perhatian mereka sementara dari rutinitas atau dari pelajaran sehari-hari yang padat. Mungkin dalam benak anak-anak kita, sudah tersusun mau apa nanti saat liburan tiba. Aneka macam kegiatan bias saja dilakukan, dari mulai bermalas-malasan selama liburan, pergi ke luar kota, mengunjungi tempat-tempat wisata, berkunjung ke sanak saudara, dan seterusnya.

Mungkin itulah keinginan anak. Ayah, Bunda sebagai orang tua mungkin hanya menerima “imbas”-nya saja, yaitu perlu menyiapkan dana liburan. Tapi Ayah, Bunda tidak perlu resah. Rupanya ada banyak sekali kegiatan pengisi liburan anak yang tak perlu merogoh kantong Ayah, Bunda terlalu dalam, dan kegiatan-kegiatan ini tak kalah serunya dan membuat anak-anak kita menikmati masa liburannya loh! Apa itu? Ini dia ide kegiatan Bersama anak-anak selama masa liburan.

Nilai positifnya saat anak-anak liburan buat Ayah Bunda adalah ada kesempatan yang cukup luas mengeratkan ikatan emosional antara orang tua & anak (emotional bounding), yang mana dihari-hari biasa kesibukan anak kita biasanya dipenuhi dengan kegiatan menata, menyiapkan agenda di sekolahnya. Ini tentu akan menyita dan sangat membatasi kualitas komunikasi dengan orang tuanya.

• Berkebun 

Kesibukan sehari-hari anak-anak kita sebagai siswa bisa jadi membuat mereka lupa memanfaatkan area pekarangan rumahnya sebagai tempat yang menyenangkan untuk berkebun. Berkebun sebetulnya tidak terlalu membutuhkan area yang luas. Area terbatas-pun bias dipakai untuk menumbuhkan kreatifitas anak-anak kita dalam menciptakan keindahan sekitar rumahnya. Alternatif penggunaan lahan terbatas yaitu bertanam dengan hidroponik.

• Memasak

Bersama Membuat anak menyukai masak-memasak bukanlah hal yang sulit. Untuk menarik minat anak, Ayah atau Bunda bisa memulai dari jenis masakan yang mudah dilakukan, misalnya: memasak nasi, membuat nasi goreng, memasak mie rebus, membuat pudding, membuat kue kesukaan anak, dst. Tentu saja anak akan lebih tertantang dan senang bila Ayah atau Bunda meramu acara memasak ini dengan perlombaan, misalnya: masakan yang paling enak dan disajikan menarik akan mendapatkan hadiah, atau bias juga akan dijadikan sebagai resep yang nanti diunggah bersama di sosmed, dst.

• Memperindah tata ruang rumah

Memperindah tata ruang rumah tidak harus menggunakan barang yang mahal. Ayah atau Bunda dapat melibatkan anak dalam menentukan tata ruang kamar anak, menata ulang tata ruang tamu dengan barang yang ada di rumah. Dalam penataan ulang ruangan ini Ayah atau Bunda dapat mengajari anak dengan cara paling sederhana, dengan corat-coret di kertas atau bila memang memiliki computer Ayah atau Bunda dapat sedikit mengajarkan pada anak ketrampilan atau software menata ulang rumah yang mudah. Perubahan tata ruang seperti ini akan membawa suasana baru di rumah, disamping juga akan menggugah kreatifitas anak.

• Berkunjung ke rumah kerabat

Mengunjungi kerabat mungkin hal yang tidak setiap hari, bahkan setiap sebulan sekali belum tentu bisa dilakukan. Mengajak anak berkunjung ke rumah kerabat bersama-sama dapat membawa pengalaman tersendiri pada anak. Anak dapat lebih mengerti arti hubungan kekerabatan dan mana saja kerabat yang mereka miliki. Kegiatan ini juga dapat menggugah kepedulian anak terhadap kerabat yang kondisinya kurang mapan secara ekonomi. Masih banyak kegiatan-kegiatan lain pengisi liburan untuk anak yang bisa Ayah atau Bunda pilih, misalnya: berenang, berkeliling kota dengan kendaraan umum (kereta, bus), mengunjungi museum atau tempat-tempat bersejarah terdekat, mengajak anak ke pasar tradisional, dan lain-lain. Pilihan kegiatan di atas semuanya relative murah dan memberikan pengalaman yang cukup seru disamping juga akan menyenangkan anak-anak. Selamat mencoba Ayah, Bunda.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Ini Dia Cara Liburan bareng Anak yang Murah dan Menyenangkan
4/ 5
Oleh