Hati-hati 5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Kanker pada Anak

Hati-hati 5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Kanker pada Anak

Baca Juga

Sebanyak 16.291 anak umur 0-14 tahun di Indonesia mengidap kanker anak berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013. Upaya penyembuhan kanker bisa diupayakan asalkan bisa ditemukan dalam fase yang masih dini.

Memang sulit, karena anak sulit untuk mengungkapkan keluhan mereka. Tapi bukan berarti tidak bisa sembuh kok.

5 tanda kanker pada anak atau bayi
5 tanda kanker pada anak atau bayi
"Survivor adalah bukti bahwa mereka bisa sembuh, jadi stigma kanker tidak bisa disembuhkan itu mungkin dulu ya. Sekarang masyarakat sudah mulai melek, karena mungkin dibantu dari media masa yang memberikan informasi gejalanya," kata dr Endang Windiastuti, SpA(K) disela Roadshow Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) di Manado, Sulawesi Utara.

Nah, karena itu, yuk kenali beberapa gejala yang harus diwaspadai. Ketika menemukan ciri berikut pada anak Anda, jangan segan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

1 Berat badan tidak kunjung naik
Anak harus mengalami tumbuh dan kembang, itu berarti anak harus mengalami kenaikan berat badan. Namun kalau tak kunjung naik, orangtua sudah harus waspada. "Begitu dia misalnya 10 kg, bulan depan 10 kg, bulan depan lagi 10 kg, itu ada sesuatu. Karena sel kanker itu membuat anak lesu dan enggak mau makan," jelas dr Endang.

2 Mudah demam dan wajah pucat
Salah satu jenis kanker yang banyak di alami anak adalah leukemia akut. Pada leukemia akut, yang diserang adalah sum-sum tulang belakang yang merupakan pabrik dari sel darah putih dan sel darah merah.

"Jadi kalau pabriknya diserang sel leukemia pasti satu mukanya pucat karena hb-nya (hemoglobin) turun. Lalu, demam naik turun, naik turun sampai dua bulan," terangnya.

3 Ada benjolan
Pernah menemukan benjolan pada leher anak dan tak kunjung hilang? Jangan ragu untuk diperiksakan ke dokter demi mengetahui penyebabnya.

"Sel leukemia kan mulai dari sum-sum tulang lewat darah ke mana-mana, sehingga timbul benjolan di leher, atau di hati dan limoanya membesar. Jadi kumpulan dari gejala itu harus kita waspadai. Kalau demam aja lah enggak ya, tapi kok ada pucatnya ya? Jadi cek laboraturium itu menjadi penting untuk mengetahui," masih kata dr Endang.

4 Pendarahan
Leukemia menyebabkan trombosit anak menjadi turun sehingga bisa menyebabkan pendarahan. Pendarahan yang seperti apa, Dok?

"Mulai dari pendarahan kulit, mimisan, kalau dia sikat gigi berdarah," tuturnya.

Nah, apabila Anda menemukan gejala tersebut pada anak, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

5 Mata kucing
Retinoblastoma yang merupakan kanker pada mata, menjadi jenis kanker yang juga banyak dialami anak. Ini dapat dikenali dengan berbagai tanda misalnya mata yang mirip mata kucing ketika terkena cahaya terang.

"Ada juga matanya juling karena satunya tidak bisa melihat, tidak fokus. Atau kadang-kadang matanya merah, matanya menonjol. Bawalah ke dokter, jangan dianggap infeksi saja, pakai obat tetes mata sendiri," tutupnya.


sumber: https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4273730/orang-tua-harus-peka-ini-5-hal-yang-bisa-jadi-tanda-kanker-pada-anak
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Hati-hati 5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Kanker pada Anak
4/ 5
Oleh