Tips Mencegah Anak Rewel Saat Bersilaturahmi di Lebaran Ini

Tips Mencegah Anak Rewel Saat Bersilaturahmi di Lebaran Ini

Baca Juga

Membawa anak pergi ke luar rumah bukanlah perkara sederhana. Apalagi, sebentar lagi Idulfitri tiba. Mengunjungi banyak rumah saudara seharian bisa jadi tugas besar bagi orang tua untuk menjaga mood anak.
Namun, kini tidak usah khawatir karena Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo membagikan tipnya.

Menurut Vera, yang paling penting untuk mengajak anak ke luar rumah adalah rangkaian persiapan sebelum terjadi drama anak rewel saat masih enak berbincang dengan saudara. Hal ini terutama berlaku untuk anak balita.

Pertama, kenali bagaimana karakter anak. Apakah dia akan mudah rewel jika terlalu lama sehingga orang tua dapat membatasi lamanya kunjungan.

“Siapkan amunisi, terutama ketika Anda yang bertandang ke rumah orang lain. Amunisi ini berupa mainan kesukaan anak yang dapat dikeluarkan ketika anak terlihat mulai bosan dan bisa juga berupa makanan ringan favorit anak jika ternyata di sana tidak ada makanan yang sesuai dengan selera anak,” kata Vera.
 
Kedua,  bahas situasinya sedetil mungkin. Sebutkan siapa saja yang akan ditemui anak, di ruangan mana mereka akan berada, sampai apakah ada anak lain atau tidak. Hal ini bertujuan agar anak mendapatkan gambaran tentang apa yang akan dialaminya.

Ketiga, tidak perlu memaksa anak untuk langsung berbaur dengan saudara. Bertemu dengan orang baru atau dengan orang yang sudah lama tak bertemu, membuat anak merasakan jarak sehingga dia berperilaku menarik diri. Yang sering terjadi, anak menolak untuk bersalaman. Sementara di sisi lain, orangtuanya memaksa. Sebenarnya tidak mau salaman bukan artinya anak tidak menghormati atau semacamnya.

“Hal ini semata karena dia belum nyaman dengan orang yang dia temui. Pahami ini dan hindari memaksa anak. Anda dapat berikan pilihan pada anak. Ya sudah, tos atau hi-five saja kalau tidak mau salaman. Atau katakan, ya sudah, belum mau salaman sekarang ya, tapi nanti pulangnya mau ya,” jelasnya. lifestyle.bisnis.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Tips Mencegah Anak Rewel Saat Bersilaturahmi di Lebaran Ini
4/ 5
Oleh