Ternyata Sekali-kali Bunda harus Biarkan Anak Merasa Bosan, Ini Alasannya

Ternyata Sekali-kali Bunda harus Biarkan Anak Merasa Bosan, Ini Alasannya

Baca Juga

Setiap orangtua memiliki caranya sendiri dalam membesarkan anak. Namun terkadang tanpa disadari ada beberapa pergerakan kecil yang membuat pola asuh Anda melenceng dari tujuan. Pola asuh menentukan pembentukan karakter si kecil hingga saat ia dewasa nanti. Jika Anda salah menerapkannya, maka harapan Anda bisa saja tak terwujud.

Kesalahan pola asuh apa saja yang sering dilakukan orangtua? Simak ulasannya dilansir dari Popsugar, Senin (5/6/2017):

1. Tidak membiarkan anak merasa bosan

Banyak orangtua berpikir bahwa anaknya harus terus di-stimulasi setiap waktu dan menghindari rasa bosan melanda. Padahal, jika anak-anak tidak pernah merasa bosan, maka dia tidak akan menemukan pemikiran kreatifnya sendiri. Dia hanya terstimulasi oleh arahan-arahan Anda.

2. Tidak membacakan dongeng

Dengan beragam konten menarik dalam video, mungkin Anda berpikir anak-anak akan lebih tertarik. Mungkin ini tidak sepenuhnya salah. Tetapi video tidak bisa merangsang imajinasi anak karena dia langsung disajikan dengan visual yang dibentuk oleh orang lain. Sedangkan jika Anda membacakan dongeng, dia akan fokus dan berimajinasi dengan pikirannya sendiri tentang perkiraan visual dari cerita tersebut.

3. Mengambil dot terlalu cepat

Mungkin Anda tidak ingin si kecil terus ketagihan menghisap dot sehingga memilih mengambil dan memisahkannya terlalu cepat. Tapi ingatlah, jika Anda membatasi dot di usia yang terlalu muda, ini bisa membuat si kecil merasa sedih. Bahkan, sampai dewasa dia bisa memiliki kebiasaan menghisap jempol diam-diam. Tentu saja ini bisa membuat Anda dan si kecil malu jika sampai diketahui teman-teman atau lingkungan.

4. Memukul pantat anak di atas 5 tahun

Memukul pantat anak sebagai hukuman dianggap orangtua sebagai salah satu cara membuat anak menjadi disiplin. Tapi ini justru dapat membuat anak menjadi marah, melawan, berbohong, takut, atau menurut karena rasa takutnya. Sumber: okezone.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Ternyata Sekali-kali Bunda harus Biarkan Anak Merasa Bosan, Ini Alasannya
4/ 5
Oleh