Langsung ke konten utama

Tak Terduga, Jari Kaki Bayi Ini Nyaris Putus karena Sehelai Rambut

Ketika bayi menangis itu tandanya ada sesuatu yang terjadi. Mungkin dia haus, lapar, merasa tak nyaman, atau sedang terluka. Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk bisa mengetahui penyebab pasti kenapa bayi menangis agar bisa segera menemukan jalan keluarnya. Jangan sampai kejadiannya seperti yang dialami oleh Scott dan Jessica Walker ini.
Scott dan Jessica Walker dari Wichita, Kansas punya pengalaman yang cukup traumatis sekaligus jadi pelajaran bagi orang tua semua. Dilansir dari today.com, putrinya Molly yang berusia 19 minggu suatu hari menangis histeris saat makan siang. Molly terus rewel dan suhu tubuhnya meningkat.

Karena suhu tubuh putrinya yang meningkat, Jessica berusaha untuk mengembalikan temperatur tubuhnya kembali normal dengan melepas kaos kakinya. Betapa terkejutnya Jessica ketika mengetahui ada sehelai rambut yang menjerat salah satu jari kaki putri kecilnya tersebut.

Kondisi yang terjadi pada Molly itu disebut torniket rambut (hair tourniquet) di mana sehelai rambut tiba-tiba saja menjerat dan mengikat kuat jari kaki. Saking kuatnya dan kencangnya jeratan itu, risikonya sirkulasi darah bisa berhenti. Buruknya lagi, kalau tak diatasi secepatnya jari kaki Molly bisa terancam putus atau diamputasi.

Beruntung Jessica segera bertindak cepat. Dengan menggunakan pinset dan kaca pembesar, ia bisa melepas jeratan rambut di kaki putri kecilnya itu. Sementara itu, Scott untuk meningkatkan kewaspadaan para orang tua, ia coba membagikan cerita dan pengalamannya ini via Facebook. Postingannya pun sudah di-share lebih dari 16 ribu kali dan di-like lebih dari 27 ribu kali. "Situasinya cukup menakutkan. Syukurlah bisa teratasi meski cukup mengerikan, dan kuharap orang lain tak mengalaminya jadi kuputuskan menuliskan pengalaman itu," tutur Scott.
Menurut Dr. Debi Gilboa, seorang pakar pengasuhan anak dan pengembangan anak mengatakan kalau torniket rambut merupakan salah satu hal yang sering dialami anak kecil. 

Hanya saja sayangnya tak semua orang tua paham atau tahu akan masalah ini. Torniket rambut bisa terjadi karena banyak orang tua yang punya rambut panjang dan bayi biasanya suka mengambil helaian rambut itu dan akhirnya menempel di popok atau kaos kaki.

Dr. Debi juga mengingatkan para orang tua untuk lebih peka lagi jika anaknya rewel atau menangis. Bisa coba langsung cek jari-jari kakinya. Umumnya torniket rambut ini tak susah untuk dikenali dan bisa langsung diatasi dengan menggunakan pinset atau jepit rambut. Atau untuk lebih amannya bisa segera menghubungi dokter.

Sebagai orang tua kita memang perlu lebih hati-hati lagi, ya Bun. Saat anak menangis dan rewel, segera cari tahu penyebabnya. Supaya bisa segera ditangani dan tak berdampak lebih buruk. 
Sumber: vemale.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bayi Sembelit, Coba Tips Ini Bunda

Kemungkinan Penyebab Bayi Sembelit. BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BAB-nya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Selain itu, memang wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi untuk BAB…

Ternyata Mudah Banget Setting Youtube agar Aman untuk Anak

Menurut studi dari Pew Research Center, saat ini ada lebih dari 60% pengguna YouTube yang mengaku masih menemukan video bermasalah berisikan perilaku kekerasan, video bohong, dan yang tidak layak konsumsi bagi anak-anak. Orangtua zaman now sebaiknya tak membiarkan anak-anak nonton YouTube tanpa pengawasan.

Begini caranya 'setting' Youtube biar aman tuk anak-anak:
Google memiliki serangkaian fitur content control baru pada update terbaru Youtube Kids. Orangtua kini bisa memilih secara manual video atau kanal mana saja yang bisa ditonton oleh anak. Google juga menyediakan koleksi video dan kanal-kanal dari sumber terpercaya. Adanya pilihan itu orangtua makin mudah menyisir tontonan pilihan tuk anaknya.

"Dari koleksi kanal milik partner terpercaya hingga memungkinkan orang tua memilih video dan kanal secara manual, kami memberikan kendali lebih kepada para orang tua," ujar Product Director YouTube Kids James Beser, dikutip Tribunstyle.com dari KompasTekno.

Orangtua jug…

Lima (5) Jurus Ampuh Mencegah Penculikan Anak

Kasus penculikan anak yang sering Anda lihat di televisi, koran atau media lainnya pasti akan membuat Anda para orangtua menjadi was-was. Pasalnya penculikan yang terjadi tidak hanya terjadi pada anak-anak usia sekolah tapi juga balita yang dijaga oleh pengasuh. Hal inipun kemudian membuat para orangtua membatasi dunia bermain anaknya. Anak-anak disuruh bermain di rumah untuk menghindari terjadinya penculikan. Selain itu, banyak orangtua yang terpaksa berhenti bekerja atau meminta tolong kepada keluarga terdekat untuk menjaga anaknya karena mereka tidak percaya lagi dengan pengasuh bayi. Selain kedua hal tersbut, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penculikan anak, terutama anak usia sekolah:

1 Tanamkan Kewaspadaan

Katakan kepada anak kalau dia tidak boleh langsung percaya pada orang yang baru dikenalnya. Katakan kepada mereka untuk tidak goyah meskipun dibujuk dengan mainan atau permen. Anda juga harus mengatakan kalau mereka tidak boleh p…