Jangan Sembarang Beri Air Putih pada Bayi, Bisa Timbulkan 3 Masalah Ini

Jangan Sembarang Beri Air Putih pada Bayi, Bisa Timbulkan 3 Masalah Ini

Baca Juga

Bayi yang baru lahir memiliki pencernaan dan tubuh yang masih sangat sensitif. Berbagai pengaruh dari luar yang bagi orang dewasa bukanlah sebuah masalah bisa menjadi pemicu problem tersendiri untuk bayi.

Minum air putih

Meski terlihat sederhana, bayi yang baru lahir tidak boleh begitu saja diberi air putih. Asupan yang baik untuk bayi adalah Air Susu Ibu (ASI)atau susu formula jika kondisi tidak memungkinkan. Sebagaimana direkomendasikan oleh Lembaga Kesehatan Dunia (World Health Organization – WHO), bayi membutuhkan asupan ASI eksklusif selama minimal enam bulan pertama kehidupannya.

ASI eksklusif artinya bayi hanya mengonsumsi ASI, tidak mengonsumsi makanan atau minuman tambahan lain. Bahkan ketika cuaca panas sekalipun, bayi tidak akan mengalami dehidrasi walaupun hanya diberi ASI atau susu formula. Pemberian air putih pada bayi di bawah enam bulan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Melansir alodokter.com, berikut 3 masalah kesehatan yang tibul jika bayi meminum air putih sebelum usia enam bulan.

1. Risiko gizi buruk

Jika bayi yang disusui dengan ASI ekslusif meminum air putih, dia bisa berhenti menyusu sebelum waktunya dan hal ini bisa menyebabkan kekurangan gizi. Kandungan ASI sendiri sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi agar terhindar dari dehidrasi lantaran 80% ASI adalah air.

Selain menghilangkan rasa haus, ASI juga membantu dalam melindungi bayimu dari infeksi serta membantu bayi tumbuh dan berkembang secara normal. Sementara itu, memberikan air putih pada bayi yang disusui dengan susu formula juga tidak dianjurkan. Hal ini lantaran kandungan gizi yang ada dalam ASI tidak dimiliki oleh air dan susu formula.

2. Risiko diare
 
Meminum air putih juga dapat menyebabkan bayi terkena infeksi karena air mungkin tidak steril, sehingga bayi dapat mengalami diare. Untuk bayi yang mengonsumsi susu formula, seorang ibu dianjurkan menggunakan air yang telah direbus hingga matang dengan suhu minimal 70° Celcius.

Jika menggunakan air mineral kemasan maka pastikan kadar natrium atau biasa ditulis Na tidak lebih dari 200 mg per liter serta kadar sulfat atau biasa ditulis SO atau SO4 kurang dari 250 mg per liter.

3. Risiko keracunan air
 
Mengencerkan susu formula dapat mengundang risiko keracunan air pada bayi. Pada kasus yang jarang terjadi, meminum terlalu banyak air putih dapat menyebabkan bayi keracunan air atau intoksifikasi air.

Intosikfikasi adalah kondisi ketika kadar garam dalam darah turun drastis ke level yang terlalu rendah sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit. Well, kapan bayi boleh diberikan air putih?

Bayi diusia 5-7 bulan sudah diperbolehkan untuk belajar minum dengan gelas. Pilihlah gelas ringan yang dapat menampung air sekitar 4-6 ons. TribunStyle.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Jangan Sembarang Beri Air Putih pada Bayi, Bisa Timbulkan 3 Masalah Ini
4/ 5
Oleh