Cara Mudah Mengatasi Batuk dan Pilek Anak secara Alami

Cara Mudah Mengatasi Batuk dan Pilek Anak secara Alami

Baca Juga

Pada musim penghujan seperti sekarang ini biasanya dibarengi dengan meningkatnya jumlah anak yang sakit. Batuk dan pilek seolah menjadi penyakit “wajib” buat anak-anak yang kondisi bandannya kurang fit, terlebih anak-anak yang sulit menghilangkan kebiasaan minum es. Penyakit batuk dan pilek seolah menjadi langganan tetap anak-anak di musim hujan. Ini bisa dipahami karena memang cuaca dingin dan panas datang silih berganti dan tidak menentu kapan tibanya sehingga dapat membuat daya tahan tubuh anak menurun drastis. Demi alasan kepraktisan Ibu biasanya lebih suka menempuh cara cepat yaitu memberi anak yang sedang batuk pilek dengan obat. Pilihan pertama sudah pasti adalah obat batuk pilek yang banyak beredar di warung/minimarket. Padahal pemberian obat kimia yang terlalu sering, alih-alih menyembuhkan anak dengan cepat ginjal anak bisa bermasalah dibuatnya. Lalu bagaimana cara mudah mengatasi batuk dan pilek anak secara alami?

Sebetulnya bila Ibu memberikan pengobatan alami atau tindakan lainnya ini akan lebih baik dalam meredakan gejalanya. Tentu saja tujuan terpentingnya adalah seoptimal mungkin menghindarkan efek samping akibat penggunaan obat kimia. Butiran biji cengkeh yang diramu bersama dengan daun jeruk pada air mendidih dapat diberikan pada buah jati Ibu untuk meredakan gejala batuk dan pilek. Demikian juga dengan kunyit, sebenarnya kunyit dapat mengatasi gejala batuk dan pilek anak secara alami, caranya dengan mencampurkan ekstrak kunyit atau bubuk kunyit dengan susu dan dapat dikonsumsi si anak sebanyak dua kali per hari.

Lalu untuk menghilangkan hidung mampet yang sering mengganggu aktifitas si kecil, Ibu dapat memberikan lemon yang dicampur dengan madu. Selain melegakan tenggorokan, campuran lemon dan madu juga dapat mengatasi kemungkinan infeksi. Cara membuat campuran lemon dan madu cukup mudah yaitu campurkan satu sendok teh lemon dan madu ke dalam air hangat. Berikan ini pada si kecil saat hidungnya tersumbat. Selain dengan cara itu, cara lain yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi batuk dan pilek anak secara alami yaitu dengan penguapan. Metode penguapan ini juga dipercaya cukup baik melancarkan hidung yang tersumbat. Cara penguapan ini cukup mudah. Ibu dapat menyalakan air panas di kamar mandi sampai menghasilkan uap, tutup pintu kamar mandi dan duduklah bersama si buah hati dalam kamar mandi itu kurang lebih 10 hingga 20 menit, anggap saja ini seperti mengajak anak sauna. Agar hasilnya lebih terasa Ibu dapat melakukan penguapan ini dua kali sehari sampai gejala batuk dan pilek anak telah reda.

Alternatif lain selain penguapan yaitu Ibu dapat melakukan pemijatan yang lembut pada dada si kecil, pemijatan lembut ini dipercaya dapat lebih melancarkan pernafasan. Proses pemijatan dada si kecil akan lebih baik bila Ibu menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih. Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi batuk pilek anak secara alami. Bila dengan cara-cara alami ini tidak juga mampu mengatasi batuk dan pilek anak sembuh, sebaiknya Ibu membawa anak ke rumah sakit atau ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Cara Mudah Mengatasi Batuk dan Pilek Anak secara Alami
4/ 5
Oleh