Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Baca Juga

Mengenali radang tenggorokan pada anak-anak

Radang tenggorokan adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri. Jenis bakteri yang menimbulkan radang tenggorokan adalah Streptococcus. Bakteri ini bisa menjangkau anak melalui udara, makanan, minuman atau benda-benda yang terinfeksi olehnya. Penyakit radang tenggorokan sering menyerang anak-anak atau remaja, karena daya tahan tubuh mereka yang masih lemah. Gejala awal munculnya radang tenggorokan pada anak seringkali tidak dikenali secara spesifik. Munculnya radang tenggorokan biasanya diawali gejala klinis yang umum terjadi, misalnya: timbulnya demam, anak rewel, nafsu anak menurun, batuk atau pilek, adanya luka dan rasa nyeri di bagian dalam tenggorokan ketika menelan, pembekakan amandel, kelenjar getah bening leher membengkak, munculnya bintik-bintik merah di bagian belakang atap mulut.

Pemicu radang tenggorokan pada anak

Selain karena infeksi virus atau bakteri radang tenggorokan (faringisitis) juga dapat dipicu oleh beberapa hal, antara lain:
  • Berteriak dalam waktu yang cukup lama. Berteriak adalah aktifitas yang hampir selalu dilakukan oleh anak-anak. Teriakan ini biasanya terjadi karena anak menangis, atau ekspresi keriangan bermain.

  • Makan makanan ringan (jajanan). Akhir-akhir ini sering sekali ditemukan makanan ringan (jajanan) yang dibuat tanpa memperhatikan siapa yang mengkonsumsinya. Banyak makanan ringan (snack) yang diproduksi dengan tujuan asal laku atau asal terasa enak, sehingga tidak heran bila sering ditemukan makanan ringan yang mengandung bahan-bahan kimia yang sebenarnya berbahaya untuk anak-anak, misalnya monosodium glutamate (MSG) yang berlebihan, adanya pemanis buatan (sakarin), pewarna tekstil, olahan makanan basi/kadaluarsa yang dikemas ulang. Sebagai orang tua tentunya tidak setiap saat bisa mengontrol makanan apa saja yang dibeli atau dikonsumsi anaknya, terutama ketika anak berada di luar rumah.

  • Iritasi yang disebabkan oleh rokok. Meskipun anak bukanlah perokok aktif tetapi asap pengaruh asap rokok dari orang tua yang merokok bisa membahayakan kesehatan anak.
Pengobatan radang tenggorokan pada anak

Umumnya radang tenggorokan dapat sembuh dengan 3 hingga 4 hari tanpa pemberian obat-obatan, namun bila radang tenggorokan pada anak anda disertai demam, anda dapat memberikan ibu profen atau parasetamol, selain dapat meredakan demam anak ibu profen atau paracetamol dapat meredakan nyeri akibat luka peradangan. Usahakan tidak buru-buru memberikan antibiotic untuk anak, kecuali bila memang atas petunjuk dari dokter atau bila demam anak terus berlanjut atau berulang (demam turun bila diobati dan kambuh bila efek obat hilang – biasanya efek obat ini bertahan 4-5 jam) sebaiknya anda membawa anak ke rumah sakit.

Langkah pencegahan supaya anak tidak mudah terserang radang tenggorokan

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus seperti radang ini memang cukup sulit dicegah, tetapi pada prinsipnya bila daya tahan tubuh anak terjaga baik maka peluang terinfeksi oleh bakteri atau virus akan semakin kecil.
Apa yang bisa dilakukan orang tua agar radang tenggorokan pada anak dapat dicegah? Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:
  • Ajarkan dan beri pengertian anak untuk selektif mengkonsumsi makanan ringan/jajanan

  • Biasakan anak cuci tangan sebelum makan atau sebelum minum

  • Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan penderita batuk, pilek atau radang tenggorokan

  • Berikan masker untuk anak bila mengajak anak berkendaraan

  • Hindarkan anak dari jangkauan asap rokok

  • Berikan anak makanan yang sehat dan bergizi

  • Anda juga bisa memberikan vitamin tambahan untuk memperkuat daya tahan tubuh anak bila diperlukan
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak
4/ 5
Oleh

1 komentar:

27 Februari 2016 13.24 delete

[…] bukan rahasia lagi pada musim penghujan seperti sekarang ini flu, batuk & pilek menjadi penyakit langganan yang ramah menyapa mereka yang kondisi badannya kurang fit. Terlebih […]

Reply
avatar